Kamis, 22 Oktober 2015

Cerita Jelang 21

"Sekolah dimana dik?"
"Oh ambil jurusan apa? Semester berapa sekarang?"
"Waahh lagi nyusun skripsi, bentar lagi tamat ya..mau kerja dimana?"
"Gak pengen nikah tuh?"

Ternyata di usia segini, pertanyaan yang serem tuh ya yang kayak tadi di atas..hiii serem.. Dengernya aja serem, apalagi dipikirin..

Btw, harusnya aku pulang dari Singapore hari ini, di hari keempat. Tapi kenyataan berkata lain, pahit. Aku dan kawan-kawan dari jurusan Sastra Inggris FIB UN*UD (udahlah kaga usah disembunyiin lagi, wajah gue juga udah nongol di koran -_-) kena tipu! Bayangin, orang-orang intelek bisa ditipu dengan gampang dan konyolnya (gitu sih menurutku, soalnya kita kayak bego banget sampe bisa ketipu, ceroboh asli).. Ceritanya?? Puanjaaannnggg, nanti deh ya..yang jadi fokus utama adalah alasan kenapa tiba2 aku pengen nulis..

Haahh, di tengah-tengah musibah ini, jelas ya aku kepikiran, akhirnya sakit (ini lagi sakit-sakit tapi ya kalo nulis emang hobi hahaa). Gimana gak kepikiran?? Duit 8juta melayang cuy. Lu kate duit macem metikin daun?? Setahun tuh nabungnya.. Jujur, aku patungan sama duit ortu untuk bayar studi-kampret-tur ini, aku 3juta, sisanya ortu..bayangin lu nabaung setahun dan gak jadi berangkat..bukan karena bencana asap atau pesawat delay, tapi KENA TIPU. Gila gak? -_- udah habis kata-kata dah. Belum lagi pihak jurusan yang seolah-olah "cuci tangan" alias gak mau bertanggung jawab!! Haduuhhhh..dosa apa hamba

Eh eh, belum nyampe fokusnya jugak nih?? Yaudah deh sambil jalan dah ceritanya..

Jadi, ini studi-kampret-tur adalah program dari jurusan. Panitianya dari jurusan. Nah kita diancem dengan kata-kata "syarat skripsi", kalo kaga ikut ya kaga bisa. Kita, sebagai mahasiswa semester akhir, yang SKSnya tinggal skripshit doang, jelaslah meng-iya-kan..siapa sih yang mau dipersulit kelulusannya? Nah, kenyataan yang terbalik pun beredar di media, bahkan kajur ku ini mengaku kaga bertanggung jawab dengan pengembalian uang kami!! Yak, kenapa kita nuntut dia, katena dia lah pengusul travel ini, padahal dari kitanya nih, mahasiswa, udah punya usulan travel sendiri..hmm


Ayo ayo masuk fokus sekarang!!!


Udah tau kan, berat kan kasusnya, sampe sakit nih, masih sakit nih.. Ternyata, Tuhan, gak tau deh baik atau enggak, ngasi cobaan lagi buat hatiku. Bukan masalah pacar ya, tapi "keluarga".

Sekarang aku tanya, kamu punya keluarga gak? Seberapa deket kamu sama ibu, bapak, adik dan kakakmu? Mereka berarti kan buat hidupmu? Nah, sekarang, mereka yang malah menyakitimu..bayangin dah tuh sakitnya kayak apaan..


Jujur, sebelum buat postingan ini, aku nangis. Kenapa?? Di tengah-tengah musibah ini, aku malah dibikinin status, sama ibuku sendiri, yang isinya sumpah gak ngenakin banget. (Ini nangis lagi pas ngetik kalimat ini, sedih sumpah) Kamu lagi ketimpa masalah, sampe sakit, trus malah dikasi omongan keras sama ibumu, trus dibuatin status. Kira-kira gimana sih perasaanmu??

Oke, aku emang bikin status sesaat setelah pertengkaran sama ibuku, tapi aku sama sekali GAK ADA menujukan itu untuk ibuku, dan gaada kata ibu disana. Mungkin ya ibuku kepo, trus tersinggung sama statusku, trus bikin status buat aku, isinya jelas banget buat aku. Sinting gak menurutmu?? (Maaf, gue pake kata "sinting" karena gak habis pikir aja. Anak lagi kena musibh, sakit, malah dibikinin status macem begitu)

Ibuku udah S1 ya, apalagi dosen-dosen di jurusanku, mungkin udahh ada yang S5 kali yak.. Aku jadi mikir aja, dari dulu aku udah punya pikiran begini: "kalau memang orang-orang yang berpendidikan tinggi, akhlak dan moralnya tidak setinggi gelarnya, aku mendingan gak usah sarjana!" Serius, aku mending tamat SMA daripada bergelar sampe mampus tapi moralnya begitu. BEGITU.

Aku gak maksud jelekin siapa-siapa. Aku buka kartu aja semuanya. Mau lagi?? Kalo boleh jujur, mati pun aku sekarang, gaada yang nyariin tuh orang-orang rumah. Meskipun aku punya 3 adik dan 2 sudah ngerti gadget, gaada yang care sama aku. Gaada yang nanyak aku lagi dimana, udah makan? Emangnya pacar doang yang nanyak begituan?? Bahkan ya, aku ngiri pas KKN sama temen-temen aku yang dihubungi ama keluarganya. Gak cuma dikunjungi, tapi di smsin, ditelponin, ditanya lah. Nah gue?? Ditengokin sih, itupun aku yang minta. Miris yak? Kasian banget yak?

Antara lucu dan menyedihkan, aku gak tau nasibku harus aku ketawain atau tangisin. Yang jelas, aku langsung nangis tadi baca status yang dibuat ibuku. Sumpah. Rasanya, sekali lagi, mati pun aku di jalan, tanpa bawa identitas, gak pulang-pulang, gak akan ada orang rumah, keluargaku, yang nyariin. Bye.



Note: FB ku "Desak Opik Noviadewi"
           FB ibuku "Kartika Ariani"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar